Cerita Endri, cerita perjalanan ibu dua anak, dibuat happy dengan segala kebaperannya :)

Wednesday, November 28, 2012

Simbah

Banyak kenangan yang masih aku ingat ttg simbahku. Dari kecil sampai aku segede ini simbah manggil aq dg sebutan 'nonong' krn dahiku emang nonong. Terakhir kali dipanggil 'nonong' oleh simbah bulan kemaren pas pulang idul adha.
Simbah itu orang yang njawani banget, masih mengikuti tradisi2 jawa, yang aku inget itu tradisi nyadran sebelum bulan puasa. Nyadran itu tradisi ziarah rame2 ke makam dengan membawa makanan dari nasi sampai buah. Aku selalu nemenin simbah nyadran, jalan2 keliling2 ke makam sodara-sodaranya simbah sampe kaki pegel, tapi hati seneng.
Satu lagi, kenangan masa anak2 bersama simbah. Kalo aku maen kesana disuruh bantuin masak, bikin 'bubuk' dari kedele yg di goreng, setelah itu aku dikasih uang jajan sama simbah, baik banget kan simbahku ^.^
Sewaktu aku kuliah, aku jadi nggak bisa sering2 nengokin simbah krn aku kost n kerja, hingga simba sering titip lesen ke adek 'mbakyumu kon rene bas'. Pas aku ke tempatnya simbah ternyata simbah tu mau ngasih uang saku buat kuliah. Kadang simbah juga ngasih wejangan juga, yang aku inget sampe sekarang 'ojo nganti lali ro wong tuo yo nong'. Simbahku memang simbah paling baik.
Sekarang Simbah memang sudah sepuh, melihatnya saja bener2 nggak tega.  Mungkin ini jalan terbaik buat simbah. Simbah dipanggil GustiAllah tadi sore. Semoga amal baik simbah diterima disisi-Nya dan diampuni dosa2nya. Aamiiin...
*catatan galau di dalam senja utama solo*

0 Comments:

Post a Comment