Cerita Endri, cerita perjalanan ibu dua anak, dibuat happy dengan segala kebaperannya :)

Monday, April 2, 2018

Birthstory of Faziel #PejuangVBAC


haloo.. blog yang telah sekian purnama tak pernah terupdate :D

Di posting kali ini saya mau sharing tentang cerita kelahiran anak kedua "Faziel Gibran Mahmudi".



Sabtu pagi di usia kehamilan 39w5d, 10 Feb 2018 sewaktu bangun tidur mau BAK di CD ada bercak kecoklatan, apa ini ya.. mucus plug kah? tapi kok coklat, nggak merah? trus foto, share di grup fb International Caesarean Network. Para ibu di grup itu bilang kalo itu bener mucus plug dan kemungkinan kelahiran sekitar 3 hari atau 2 minggu lagi, ya sudahlah saya kalem, percaya yang paling lama aja biar nggak kepedean masih 2 minggu lagi :) seharian ini perut berasa kenceng-kenceng geli gitu, mungkin ini adek bayi lagi cari jalan.

Minggu pagi, 11 feb 2018 39w6d  saya merasakan perut lebih kenceng, kayak ada yang nusuk-nusuk di bawah. Sepertinya adek bayi makin semangat cari jalannya. Saya pun berinisiatif untuk jalan-jalan agar adek makin turun ke bawah dan masuk panggul. Pagi itu masih sempet jalan-jalan bersama suami dan si kakak, mbak Zeela di Car Free Day sambil cemal-cemil saat perut berasa kenceng banget :D. Makan Enak adalah pengalihan rasa sakit yang sangat cihuy, it's work on me :D

Senin, 12 feb 2018 40w0d tak terasa lagi kencen-kenceng di perut, mungkin adek lagi istirahat, kecapekan nyari jalan selama 2 hari ini. Saya pun ikutan si dedek, istirahat seharian itu untuk persiapan kontrol pas sorenya. Perjalanan kontrol lumayan jauh dari rumah ke RS JIH sekitar 45 menit dengan naik motor. Sewaktu berangkat kontrol bersama suami, beberapa kali perut berasa kenceng aduhai saat jalanan bergelombang atau motor terlalu kenceng. Jangan-jangan udah mau lahiran ini, pikirku. Sampai ke RS langsung cetak antrian (sebelumnya udah daftar periksa lewat aplikasi RS JIH di smartphone) dan menunggu di depan ruang praktek dr. Adi. Tak lama berselang, dr. Adi datang dan saya pun menjadi pasien pertama yang kontrol di hari itu. Saat di USG, terlihat air ketuban masih cukup, plasenta masih bagus, tidak ada lilitan tali pusat dan tebal SBR 3mm. Info terbaiknya bayi udah masuk panggul walopun belum ngunci, tapi BBJ udah sampai 3,3 Kg :0. Untuk memastikan BBJ masih dalam range aman, saya sampai nanya ke dokter, "Dok, sebenernya dengan tinggi saya 140an dan BBJ udah 3,3 Kg ini nanti bakal bisa melewati panggul saya seutuhnya nggak sih?" Alhamdulillah dokter menjawab "kalo untuk saya BBJ itu ngak ada korelasinya sama lebar panggul bu", "berarti masih ada kesempatan saya untuk lahir normal kan dok?" sahutku; "iya bu, ditunggu aja, 3 hari lagi periksa lagi ya bu" jawab dr. Adi. Cless banget dengernya, Dr. Adi memang terbaik deh. "Ya dok, 3 hari lagi kesini buat lahiran ya dok :D" jawabku.

Selasa, 13 Feb 2018 perut masih woles, belum ada tanda-tanda gelombang cinta dari adek bayi, suami pun memutuskan untuk berangat kerja ke Semarang di pagi ini. Saya tinggal di rumah ditemani mbak Zeela dan ibu saya.

Rabu dini hari, 14 Feb 2018 40w2d saya merasakan sakit di perut yang sangat aduhai dan sampai tak tertahankan, mungkin ini gelombang cinta dari adek bayi, pikirku. Aku pun merasa senang sekaligus was-was. Senang karena bentar lagi bakal ketemu adek bayi, was-was karena takut KPD dan berujung SC seperti lahirannya kakaknya dulu T.T. Namun segera kutepis pikiran itu, saya percaya, jika saya yakin, maka alam semesta akan mendukung. Setiap kali gelombang cinta itu datang, saya duduk enjot-enjotan di gymball untuk membantu adek bayi makin turun ke bawah. Ibu pun khawatir melihat tingah laku saya, beliau menelpon suami saya untuk pulang ke rumah karena kelihatannya saya udah mau melahirkan.

Rabu siang, Saya diantar suami untuk periksa ke klinik bidankita (sebelumnya sudah janjian lewat WA) disana di VT sama bidan Yesie. VT-nya bidan Yesie lembut dan nggak sakit sama sekali, coba deh :D. Daaaan.. hasilnya.. saya udah bukaan 3 lho.. bu bidan bilang saya akan melahirkan malam ini atau besok pagi paling lama, yeay! Saya pun disuruh obeservasi disana, tapi saya ijin mau belanja dan pulang ke rumah dulu. Belanja untuk keperluan mbak Zeela selama saya tingal nanti dan belanja keperluan adek bayi yang belum terbeli dan juga beli amunisi makanan-makanan kesukaan untuk tenaga pas mau lahiran nanti, hehee.

Jam 2 siang saya kembali ke klinik bidankita untuk observasi. Kamar observasinya hommy banget deh. sorenya, sekitar jam 4 an bu bidan kembali mengecek VT lagi, bu bidan bilang kalo kondisi saya bagus, tinggal nunggu aja. Saya udah bukaan 4, leher rahim sudah lunak dan ketuban masih utuh, tetapi karena suatu hal, saya tidak bisa melahirkan di klinik bidan kita, jadi bu bidan merujuk saya ke RS JIH dengan didampingi Mbak Ajeng (salahsatu bidan di klinik bidankita).

Jam 5 sore saya, suami dan mbak Ajeng berangkat ke RS JIH, sampai disana langsung ke IGD lalu ke ruang VK. Di Ruang VK di VT lagi sama bidan, dan sudah bukaan 4 longgar, lalu di CTG dan hasilnya bagus, jadi ditunggu aja gitu kata bidannya. Di ruang VK itu saya mulai pipas-pipis melulu sepanjang waktu, yaa nggak pa pa lah itung-itung jalan-jalan.. tiap kali habis pipis saya lakukan jongkok berdiri di toilet, biar adek bayi semakin turun. di ruang VK saya ditemani mbak Ajeng, sedangkan suami saya mengurus administrasi untuk ruang rawat inap. Setelah administrasi ruang rawat inap selesai, saya, suami dan Mbak Ajeng pindah ke ruang rawat inap. Di ruang itu lebih luas, lebih leluasa melakukan pergerakan dan lebih tenang suasananya.

Selama semalam itu gelombang cinta mulai intens datang dengan durasi yang lebih lama dan rapet. Mbak Ajeng dengan sabarnya memijit punggung bagian bawah, sehingga saya bisa rileks enjot-enjotan di gymball saat gelombang cinta datang. tiap 4 jam bidan dari RS JIH memVT saya untuk melihat perkembangan pembukaan. Terakhir di malam itu dicek bukaan 6 longgar. Saya pun berpikir mungkin adek bayi mau lahirnya besok pagi kali, jadi saya putuskan untuk tidur disela-sela gelombang cinta.

Kamis pagi, 15 Feb 2018 40w3d Mbak Ajeng ijin pulang karena di hari ini ada banyak pelayanan di klinik bidankita, jadi tinggal saya dan suami aja di JIH. Sebelum pulang, mbak Ajeng sempat memberi homeopathy untuk menguatkan rahim yang sudah semalaman berkontraksi. Jam 8 pagi bidan JIH datang ke kamar untuk VT lagi, setelah dicek saya sudah bukaan 9 dan saya harus ke ruang VK. oke, baiklah.. setelah saya dan suami sarapan, kita pergi ke ruang VK. Tiap kali gelombang cinta datang, saya selalu enjot-enjotan di gymball. Sampai jam 12 siang itu pembukaan belum bertambah, stag di bukaan 9, saya pun mulai kecapekan, semalaman kurang tidur dan yang ditunggu belum lahir-lahir. Dari ruang VK saya kembali ke kamar, karena di kamar lebih enak hawanya. Di kamar saya makan lagi sembali ngobrol-ngobrol saya sama suami sambil sesekali dipijitin suami. Tak lama berselang, dr. Adi visit ke kamar. dr. Adi melakukan VT, lalu memecahkan ketuban saya dan membetulkan posisi kepala adek bayi, karena katanya kepalanya agak miring, makanya belum turun-turun.

Pasca pemecahan ketuban, air ketuban langsung mengalir membasahi bed hingga saya sudah tidak diperbolehkan jalan-jalan lagi. Saat kembali ke ruang VK pun saya digeledek oleh bidan-bidan JIH. Dengan air ketuban yang sudah pecah, rasa sakit mulai terasa, emosi sudah terkuras dari pagi dan nafas tak terkontrol, bubar jalan deh pola nafas yang sudah dipelajari. Saat gelombang cinta yang dahsyat datang, Subhanallah sekali rasanya.. suami menyodorkan jarinya untuk digigit, ya saya gigit sekenceng-kencengnyalah, sampai suami saya kesakitan :D. Berlanjut dengan kesakitan saya saat kontraksi datang, saya cuma bisa bilang "Aaduuuuuh". Suami masih bisa saja bercanda "Mbok jangan bilang aduh, bilang apel aja, nanti tak beliin apel" omaigat.. langsung aku cubit kenceng tangannya :D.

Mendengar saya aduh-aduh melulu, bidan pun mendatangi saya dan akan memVT saya lagi, tapi saya menolak, karena saya merasakan sakit saat diVT oleh bidan itu. Karena bidan seperti memaksa, saya pun mengalihkan perhatian bidan (karena kalo tetap memaksakan memVT saya bisa jadi menghentikan proses bersalin saya) "mbak saya sesek, boleh minta oksigen", lalu dipasanglah oksigen oleh mbak bidan. Tak lama setelah dipasang oksigen, saya merasakan sakit dan sensasi pengen ngeden, saya pun mulai ngeden-ngeden, karena dengan ngeden rasa sakit terasa berkurang. Suami saya terlihat panik melihat saya mulai ngeden-ngeden, dia berinisiatif manggil bidan. Bidan pun datang dan berniat mau melakukan VT lagi, omaigat mbak bidaan.. apa nggak ada hal lain yang bisa dilakukan selain VT :O. Kali ini saya bilang ke bidannya, mbak saya mau pipis dulu *siap-siap mau turun tempat tidur* tapi nggak dibolehin turun dari kasur leh bidannya. Trus gimana mbak??, sebentar tak ambilin pispot. Pispot pun diambil, diposisikan sebagaimana mestinya, tapi pipis saya nggak keluar. Saat itu saya malah ngeden-ngeden lagi karena sakitnya kontraksi (sudah nggak bisa menyebut ini gelombang cinta lagi, karena sakit :D). Bidan pun inisiatif memasukkan kateter (pemasangan kateter ini lumayan sakit lho, andai saya tau mau dipasangin kateter, saya mau jongkok ditempat aja, pipis di bed, biarin dah dibilang jorok, biarin dah ngrepotin bidannya, mereka kan dibayar untuk direpotin :D) agar pipis saya keluar. Setelah pipis keluar, bidan mau memVT lagi :0. Kali ini saya menolak dengan alasan "sebentar mbak, lagi kontraksi" pake ngeden dengan atraksi jongkok *sempet sampai pup disitu :D*, merangkak, berdiri, tidur miring berkali-kali ganti posisi sampai bidan tak berkesempatan memVT saya lagi :D. Pasca atraksi heboh, posisi berakhir dengan saya tidur miring, kaki saya angkat ke atas dengan dipegangin suami. Tiap kali kontraksi datang, suami mengencangkan pegangan di kaki saya dan saya mengedan sekuat tenaga sampai haemorroid saya keluar :'D. Berkali-kali seperti itu dan bidan hanya melihat tingkah polah saya yang udah nggak karuan. Mungkin bidannya jengkel karena saya heboh sendiri hingga mereka kesusahan memVT saya :D, terserahlaah. saat kepala bayi udah crowning, semua bidan pun mendekat mengelilingi saya karena dr. Adi belum datang ke ruang VK. Sempat ada bidan yang bilang kalau mau lahiran didampingi dr. Adi ditahan dulu aja mbak *ya kali bayi udah mau keluar mesti gw tahan* langsung aja saya sahutin, nggak usah nunggu dr.Adi mbak, ini udah mau ngeden lagi *sambil mencoba meraba rambut kepala bayi, karena penasaran beneran udah crowning apa belum, tapi nggak dibolehin sama bidannya karena tangan saya nggak steril katanya, yaa sudahlah.. ngalah deh sayaah.. nurut sama bidan kali ini*. Dengan satu tarikan nafas panjang dan mengejan sekuat tenaga.. akhirnya Alhamdulillah pukul 17.40 lahirlah Faziel Gibran Mahmudi dengan BB 3,17 Kg dan TB 47 cm :)

Tak lama setelah Faziel lahir, dr. Adi datang dan kebagian mengeluarkan plasenta dan jahit-menjahit yang lumayan banyak karena posisi lahiran saya yang tak biasa :D. Saat proses jahit-menjahit yang kata orang-orang lebih sakit daripada saat melahirkannya, justru saya nggak merasa sakit saat dijahit, saya cuma merasa benang ditarik-tarik gitu, berasa tapi nggak sakit. Saat akan melakukan proses menjahit sih dr. Adi sempat seperti melakukan hypnosis ke saya gitu. Mungkin karena itu jadi nggak berasa sakit.

Alhamdulillah salah satu tantangan terbesar dalam hidup telah terlewati berkat ilmu dan informasi yang benar dari Bu Bidan Yesie serta bantuan dari dr. Adi yang mau memfasilitasi persalinan VBAC
Alhamdulillah target melahirkan secara normal tercapai dengan :

- TB saya yang hanya 146 cm, mematahkan vonis panggul sempit oleh seorang dokter,

- Jarak kelahiran 18 bulan, mematahkan pendapat dokter tentang resiko robek rahim jika jarak kelahiran post SC kurang dari 2 tahun

"Knowledge is POWER" sangat benar nyatanya.

Target berikutnya, kalau nanti masih dikasih amanah lagi *tidak dalam waktu dekat* : Semoga lahir normal, nyaman, tanpa robekan perineum dengan homebirth dan DCC selama minimal 2 menit, Aamiiin.. pemberdayaan diri adalah kunci.

Now, I'm Mom of 2, Fazeela Safira Mahmudi & Faziel Gibran Mahmudi. Now I enjoy my life, playing with Zeela n breastfeeding with Faziel.

Happy, Bahagia, Seneng :D


0 Comments:

Post a Comment