Cerita Endri, cerita perjalanan ibu dua anak, dibuat happy dengan segala kebaperannya :)

Thursday, January 31, 2013

Membuat Paspor (versi 2013) #2

Untitled Document

Lanjutan dari postingan Membuat Paspor (versi 2013)
Maaf karena postingan ini nggak tepat waktu.. yah karena satu dan lain hal maka saya mohon maap atas keterlambatan iniih..
Mari dilanjuut..


Jadi pada tahap kedua ini saya datang ke Kantor imigrasi pada pukul 07.30 dengan membawa tanda terima berkas yang kita dapat sewaktu mengumpulkan berkas.



Kemudian Tanda Terima tersebut saya taruh di Customer Care untuk ditukar dengan nomor antrian. Jam 08.00 tepat petugas customer care mulai memanggil nama pemohon paspor satu per satu untuk memberikan nomor antrian. Lalu kita menunggu panggilan dari petugas loket untuk melakukan pembayaran pembuatan paspor (lumayan lama nunggunya.. bisa ditinggal sarapan dulu kalo lapeer :D). Setelah melakukan pembayaran, kita akan mendapatkan bukti pembayaran. Bukti pembayaran tersebut sebaiknya disimpan untuk jaga-jaga jika ditanyakan oleh petugas saat kita mengambil paspor. Selanjutnya kita menunggu panggilan lagi untuk foto, sidik jari dan wawancara.


Pada saat foto, yang berjilbab boleh tetap memakai jilbabnya, tetapi diusahakan agar alis mata terlihat di kamera. Jika hasilnya kurang bagus, kita boleh meminta petugasnya untuk foto ulang sampai hasilnya cakep, tapi jangan memaksakan diri kalo udah jelek dari sananya yaa :D. Setelah foto kita langsung wawancara, yang ditanyain cuma hal-hal yang umum aja kok, seperti tanggal lahirnya kapan, alamat rumahnya dimana, kerjanya apa, sama dilakukan pencocokan nama di akte/jazah terakhir, Kartu Keluarga dan KTP. Ejaan dan spasi nama kita harus sama dengan ketiga dokumen tersebut. Selanjutnya pewawancara akan mengeprint data diri kita (yang akan termuat di paspor). Hasil print akan diperlihatkan kepada kita dan kita dipersilakan untuk membaca data tersebut. Kita harus membacanya dengan cermat, jangan sampai ada kesalahan. Kemarin dataku ada yang salah, masak di data jenis kelamin aku ditulis laki-laki '-.-. Untung (orang jawa memang selalu untung terus #ApaSiih :D :P) aku baca dengan cermat, jadi bisa dibetulin saat itu juga. Diakhir wawancara kita akan diberi form seperti ini



Tahap ketiga adalah tahap terakhir, yaitu tahap pengambilan paspor. Jam 13.30 Aku sudah sampai di Kantor Imigrasi. Disitu saya langsung naruh form pengambilan paspor diloket pengambilan paspor, kemudian menunggu nama kita dipanggil (Sekitar 30 menit). Saat nama kita dipangggil, paspor akan diberikan oleh petugas. Kita harus mengecek kembali data-data yang tercantum di paspor, bila sudah bener semuanya, kita akan diminta menanandatangani di form pengambilan paspor dari petugas. Akhirnyaa.. setelah menunggu 8 hari kerja.. selesai sudah tahapan pembuatan paspor, ini ini pasporku, mana paspormu? ^_^

0 Comments:

Post a Comment