Cerita Endri, cerita perjalanan ibu dua anak, dibuat happy dengan segala kebaperannya :)

Wednesday, April 3, 2013

Greening Green Corridor with Greenweb

Untitled Document

Pertengahan Februari kemarin saya searching event-event yang diadakan bulan Maret, akhirnya saya menemukan Greenweb yang mengadakan acara “Penutupan Musim Tanam 2012/2013”. Acara ini diadakan saat long weekend di akhir bulan Maret. Saya pun langsung mendaftar untuk ikut acara tersebut.


Sabtu pagi, 30 Maret 2013 saya berangkat dari tempat kos ke terminal untuk menuju ke tempat meeting point di Cilandak Town Square (Citos). Setengah jam menunggu bis yang menuju ke arah Citos, tetapi bisnya tak kunjung datang. Karena hari sudah semakin siang, saya langsung menghubungi Mbak Dian, PIC acara tersebut, akhirnya diputuskan untuk ketemu di depan Antam, TB Simatupang, Jaksel. Saya pun langsung mencari taksi dan pergi menuju Antam. Setelah menunggu beberapa menit, datanglah rombongan dari Greenweb, Mbak Dian keluar dari salah satu mobil Greenweb, lalu saya menghampirinya dan masuk ke dalam mobil. Peserta yang ikut dalam acara ini hampir 40 orang, diangkut dengan 7 mobil. Perjalanan dimulai, berangkat pukul 06.00 sampai di lokasi pukul 10.00. Dalam perjalanan saya sempat tertidur berkali-kali karena jaraknya jauh dan melewati jalan yang macet. Daerah-daerah yang dilewati dalam perjalanan ini antara lain : Bogor, Cicurug *macet*, Parung Kuda dan Kabandungan. Saat memasuki kawasan Gunung Halimun, mobil yang kita tumpangi sempat nggak bisa naik karena jalannya amazing banget, jalan sempit, nanjak dan berbelok-belok, untung sopirnya udah canggih.


Sekitar pukul 12.00 rombongan Greenweb sampai di lokasi penanaman pohon, yaitu di Green Corridor Halimun Salak. Sebelum menanam, ada perwakilan dari panitia yang menyampaikan latar belakang terselenggaranya acara ini. Ternyata acara ini adalah acara lanjutan dari sebuah game online *sejenis Farmville* yang diadakan oleh Greenweb. Game tersebut bernama “Pohon Kita”, game tanam online yang menghasilkan pohon virtual. Sebanyak 7.800 pohon virtual berhasil ditanam dalam game tersebut, kemudian pohon virtual tersebut direalisasikan dalam acara ini. Sebanyak 7.800 pohon ditanam Green Corridor. Pihak-pihak yang berpartisipasi dalam acara ini antara lain : Greenweb, Kehati, Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Green Corridor.


Di dalam kawasan Green Corridor, Greenweb mendapatkan dua blok, masing-masing seluas 10 hektar untuk menanam 7.800 pohon. Dalam acara Penutupan Musim Tanam 2012/2013 ini ada 200 pohon yang ditanam oleh peserta. Saat kegiatan penanaman akan berlangsung, peserta dibagi menjadi 7 kelompok, masing-masing kelompok menanam pohon dalam satu barisan pohon yang lubang dan pohonnya telah disediakan di tempat tersebut. Dalam penanaman ini saya berhasil menanam 7 pohon Rasamala lho.. ^_^.


Penanaman di kawasan Green Corridor ini bertujuan agar fungsi Green Corridor berjalan dengan baik, fungsi air berjalan dengan baik dan 3 satwa khas (macan, elang dan owa) yang di konservasi di hutan ini tetap terjaga ekosistemnya.


Setelah penanaman selesai, acara dilanjutkan dengan makan siang di dalam hutan. Suasana makan siang sambil sharing ditemani hujan itu langka bangeet.. Jarang-jarang kan makan di hutan pas hujan lebat, saya aja baru sekali itu, dan masih pengen mengulanginya lagi.. kapan yaa.. semoga tahun depan ada acara kayak gini lagii..


Harapan saya terhadap pohon-pohon yang ditanam dalam acara ini, semoga pohonnya tumbuh subur sampai besar, fungsi air berjalan dengan baik sehingga masyarakat kota terhindar dari banjir dan tiga satwa khasnya tetap lestari.. Aamiiin..


Acara “Penutupan Musim Tanam 2012/2013” telah berakhir, tapi perjalanan belum berahir, karena rombongan Greenweb diberi kesempatan untuk berkunjung ke Chevron Geothermal yang berlokasi di Gunung Salak.


Cerita tentang kunjungan ke Cevron Geothermal dan foto-foto kegiatannya berlanjut di posting berikutnya yaa… :)


0 Comments:

Post a Comment